16 Februari 2009

3 hari di jakarta... penuh duka...

Akirnye gue baru sempet update ni blog lagi... saking banyaknya yang gue mo tulis ampe bingung mo mulai dari mana... kalo agak kacau urutannya maap dah... semuanya gua singkat2 aja biar ga kacau...

Rabu malem kemaren (11 Februari) gue dapet kabar kalo akirnya akung gue udah meninggal, tepatnya sekitar jem 21.30. Ga terlalu kaget juga sih, soalnya emang kondisinya dari hari ke hari udah makin parah... Tadinya gue mao langsung balik hari kamisnya abis kuliah, jadi bolos kuliah hari jumat. cuma karena kata bokap gue jangan bolos, ya udah akirnya itu rencana gue batalin.

Besoknya ato hari kamis gue kuliah biasa, kelar kuliah jem 3 gue ke saraga yang di sebrang ITB buat latian lari 6x400 m, soalnya di mata kuliah OR gue nanti ujian prakteknya ya lari ini. minimal harus bisa lari sejau itu dalem 14 menit kalo mao dapet A. hasilnya..... gue kelarin 6 puteran itu dalem 17 setengah menit.... Saking ga pernah olahraganya gue, baru lari 1 puteran aja uda kerasa capenya... belon lagi abis itu perut kanan gue mulai sakit, entah gara2 apa... Musti sering2 latian kayaknya... Kelar lari gue maen basket sekitar 2 jem-an, itu juga buat gua ga kerasa maen basket sih, kerjaan gue cuma lari2 ajah, ngelempar bola juga ngaco ke mana2..... cape mampus deh kemaren itu...

Hari jumatnya gue cuma kuliah ampe jem 9, abis itu langsung ngebuking xtrans yang jem 11 buat turun di menteng, soalnya jenazah akung gue udah dibawa ke rumah duka RS gatot subroto, jadi gue ga perlu jauh2 dari jatiwaringin ke situ. Nyampe menteng sekitar jem 1 kurang, gue langsung naek taksi ge rumah duka. begitu nyampe belom ada banyak ornag yang dateng, mungkin karena masih siang.....

Sisanya hari itu gue cuma diem aja di rumah duka, ngobrol2 ama orang yang gue kenal ato baru kenal, sadar kalo ternyata banyak bener keluarga jauh gue yang abru pernah gue liat, ama bantu2 segala macem. karena akung gue agamanya buddha, hari jumat malem kemaren ada semacem kebaktian gitu yang diisi baca paritta untuk ngedoain akung gue sekaligus untuk prosesi tutup peti... Semuanya entuh kelar kira2 jam setengah 12an... Karena nyokap gue mao nginep di rumah duka, ya udah akirnya gue ikut aja nginep di situ, sekalian mao nemenin akung gue sebelom dikremasi besoknya...
Kalo yang udah pernah ke RD RS Gatot Subroto pasti tau kalo tempatnya lumayan bagus, begitu juga kamarnya, jadi gue nyaman2 aja tidur di situ kemaren...

Hari sabtu, 14 Februari, sekitar jam 10an kita berangkat dari rumah duka ke Krematorium Oasis Lestari di Tangerang. Begitu nyampe, kita masuk ke sebuah ruangan gitu, ngejalanin sebuah kebaktian lagi (ada baca paritta juga) untuk terakhir kalinya sebelom jenazah akung gue dikremasi. Selesai prosesi dan pelepasan terakhir oleh keluarga, baru deh kita semua ke belakang ruangan untuk ngeliat proses dimulai kremasi. Selesai dari situ kita keluar, makan siang sekaligus nunggu sekitar 2 jam buat selesainya kremasi. Setelah kita udah dapet abunya, pertama2 bingung mao disebar di laut mana, soalnya kemaren angin itu kenceng banget (beneran dah...).

Setelah ngomong2 ama segala macem, akirnya kita ke Pantai Mutiara, Pluit buat ngelakuin penyebaran abu. Kapalnya dari mana? Kita harus nyewa ama orang... Abis semuanya naek ke kapal (sekitar 20an orang), kita ke tengah laut, dan begitu mesin dimatiin (biar kapal diem dulu), buset deh tu ombak. kapal yang kita anein bener2 goyang2 ampe bikin ngeri. untung aja ga terlalu lama. Selesai penyebaran abu & bunga, kita balik lagi ke darat. Baru deh selesai semua prosesi buat meninggalnya akung gue. Semoga sih ini buat yang terbaik aja deh....

Dari pantai mutiara, sekeluarga gue makan bareng di muara angke sebelom akirnya pulang. Hari minggu kemaren gue cuma ke bektim kayak biasa, ngeliat udah jadi apa ni gereja, abis itu balik lagi deh ke bandung jem 2 siang dianterin bokapnya dhennys.... Hari ini kuliah lagi kayak biasa (dan ga ngerti lagi kayak biasa juga...), ampe sekarang gue bingung mao ngapain. mao belajar ga ngerti, mao maen ngerasa berdosa ga tau diri ip udah jelek... pusing deh....

udah dolo updatenya deh.... nanti kalo ada sesuatu yang bagus gue update lagi..... bye all.......... So long gramps....... Your devotion will always be remembered...

Tidak ada komentar: